Monday, September 24, 2012

Fitur Baru iOS 6


Pada tanggal 12 September 2012 yang lalu Apple telah mengumumkan produk-produk terbarunya yaitu iPhone 5, iPod Touch generasi terbaru serta iPod Nano terbaru. Bersamaan dengan itu Apple juga mengumumkan peluncuran Operating System (OS) terbarunya yaitu iOS 6 yang dapat di download secara resmi sejak tanggal 19 September 2012 yang lalu.

Kali ini kita akan bahas fitur baru apa saja yang dibawa oleh OS generasi terbaru dari Apple ini, iOS 6 adalah Operating System khusus perangkat Apple seperti iPad, iPhone dan iPod Touch. iOS 6 menghadirkan banyak fitur baru antara lain Maps, Siri for iPad, Do Not Disturb, Guide Access, Eyes Free dan masih banyak lagi.

Berikut ini rangkuman fitur-fitur baru yang menarik di iOS 6.

Integrasi Mendalam dengan Facebook

Facebook iOS 6
Sekarang kita dapat mengetahui event yang ada di kalender Facebook kita melalui aplikasi Calendar pada iOS Devices kita. Membagikan Apps, Movies, TV Shows langsung dari AppStore ke akun Facebook kita dan kita dapat melakukan posting langsung dari notification center. Masih ada lagi, kita dapat mem-publish foto langsung dari aplikasi Photo.app ke Facebook dan, tersedia-nya icon “Like This” khas Facebook. Semuanya, dapat kita nikmati dengan melakukan sign in kedalam integrasi Facebook-iOS ini, simpel.

Bye Bye Google Maps! Hello New Maps Dengan 3D!

Ya, akhirnya Apple benar-benar menendang Google Maps keluar dari iOS dan sekarang, please welcome Maps. Kemampuan Maps jauh lebih beragam dan bersifat memudahkan dibanding Google Maps. Dengan design simpel khas Apple, Maps hadir dengan kemampuan Turn-By-Turn navigation, Quick Route, integrasi dengan Siri, dan kemampuan 3D dengan grafis mengaggumkan.


Maps 3D iOS 6
Dengan hadirnya Maps, Apple tampaknya akan menggeser secara perlahan dari keberadaannya di iOS.

Aplikasi Bawaan Baru: PassBook

PassBook iOS 6
Aplikasi baru ini memiliki fungsi sebagai penyimpan data kupon, tiket pesawat, tiket bioskop dan lain-lain. Aplikasi pintar ini juga dapat memberikan notifikasi apabila tiket pesawat yang kita miliki didalam PassBook mengalami perubahan jadwal atau pindah gates.

Do Not Disturb & Privacy

Fitur Do Not Disturb dapat menghindarkan kita mendapat telepon diwaktu yang tidak kita inginkan. Apabila fitur ini kita aktifkan, maka kita tidak dapat dihubungi oleh orang lain, kecuali orang-orang yang kita ijinkan saja.


Tampilan Do Not Disturb & Privacy via AppleInsider
Selain itu, ada juga Privacy. Fitur yang tersedia di dalam Setting.app ini berfungsi untuk menon-aktifkan location services dan menginformasikan kepada kita mengenai aplikasi apa saja yang mengakses data pribadi kita.

Guide Access

Guide Access, fitur yang membuat beberapa kemampuan di iOS Devices terbatasi. Contohnya, kita bisa menon-aktifkan penggunaan hardware button melalui Guide Access dan meminimalisir kesalahan yang terjadi akibat ketidak sengajaan ketika menekan tombol


Guide Access iOS 6
Guide Access juga memiliki fungsi sebagai pembatas akses. Jika kamu adalah seorang guru yang sedang memberikan ulangan kepada muridmu (menggunakan iOS Devices), tentunya kamu tidak ingin jika sang murid membuka Safari dan mencari jawaban dari ulangan tersebut bukan? dengan Guide Access, hal tersebut dapat dihindari dengan cara mematikan akses ke Safari. Mengaggumkan!

Peningkatan Kemampuan Siri


Siri iOS 6
Setelah hampir satu tahun eksklusif di iPhone 4S, Scott Forstall selaku Senior Vice President of iOS mengumumkan jika Siri juga akan hadir untuk iPad (3) dengan iOS 6.

Siri juga menjadi lebih pintar. Ia dapat menjawab berbagai hal seperti hasil pertandingan olah raga, mereservasi kursi di restoran, integrasi dengan Yelp! dan Siri mendukung lebih banyak bahasa.


Siri Eyes Free iOS 6
Forstall mengumumkan jika Siri juga akan memiliki fitur Eyes-Free. Eyes Free adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita untuk mengaktifkan Siri langsung dari tombol di mobil kita dan berkomunikasi dengan Siri tanpa harus melihat layar. Beberapa produsen mobil seperti Jaguar, BMW, Mercy, Range Rover dan lain-lain telah siap bergabung dengan Apple untuk menghadirkan tombol aktivasi Siri pada mobil buatan mereka.

FaceTime Over Cellular

FaceTime Over Cellular
Sejak kehadirannya bersama iPhone 4 tahun 2010 lalu, akhirnya FaceTime dapat digunakan dengan koneksi selular. Fungsinya akan sama seperti FaceTime sebelumnya, hanya saja ia kali ini dapat terhubung melalui koneksi selular.

Selain fitur diatas, masih ada lagi fitur lainnya seperti Shared Photo Stream, pindahnya lokasi bluetooth, peningkatan sistem telepon, dan lain-lain. Total, ada 200 fitur baru untuk iOS 6.


Dari sekian banyak fitur yang dibanggakan oleh Apple pada iOS 6 ini, ternyata tidak semua disebutkan. Seorang Apple Evangelist, Chadwick Will menuliskan fitur-fitur yang ia temukan ketika menggunakan iOS 6. Setiap fitur yang disebutkan tidaklah disebutkan oleh Apple.

Notification Center

  • Notification Center tidak hanya menunjukkan kapan sebuah event mulai, tetapi juga menunjukkan kapan sebuah event selesai.
  • Calendar di Notification Center sekarang juga menampilkan nama dan tanggal hari.
  • Di Notification Center lama, event dengan alamat yang panjang akan dipotong menggunakan ellipsis. Sekarang, Notification Center akan menampilkan lengkap alamat meskipun membutuhkan beberapa baris tambahan.

Reminders

  • Reminders akhirnya menampilkan badge pada ikon di Home screen untuk tugas-tugas yang belum diselesaikan.
  • Antarmuka Reminders untuk iPad mendapatkan peningkatan yang signifikan dengan kalendar yang lebih nyaman digunakan, dan sebuah bagian khusus untuk kegiatan hari ini “Today”.
  • Antarmuka Reminders untuk iPhone mendapatkan perubahan besar. Apple menghilangkan kalendar tradisional dan menggantinya dengan sebuah daftar tanggal yang bisa Anda scroll secara ke samping.

Auto-Brightness

  • Fitur auto-dim menjadi lebih baik di iOS 6, terutama pada halaman lock screen. Sebelumnya pengaturan cahaya tidak akan terasa sebelum keluar dari lock screen. Kali ini penyesuaian cahaya langsung dilakukan iOS 6 pada halaman lock screen.
  • Di iOS sebelumnya, sensor cahaya akan mendeteksi cahaya ruangan dan tiba-tiba melakukan penyesuaian. Pada iOS 6, penyesuaian cahaya akan dilakukan secara pelan-pelan seperti di Mac.

Mail

  • iCloud sekarang mengizinkan Anda untuk memmbuat 3 alias yang terbagi ke semua mailbox iCloud. Sayangnya, pada iOS 5, Anda tidak bisa memilih alias default. Pada iOS 6, Anda bisa.

Settings

  • Shortcut keyboard pada bagian General > Keyboard sekarang bisa disinkronisasi melalui iCloud. Ini merupakan sebuah fitur yang paling berguna yang bisa Anda dapatkan pada iOS 6.
  • Pada bagian Brightness & Wallpaper di Settings, preview Home screen menampilkan apa yang ada di iPhone/iPad. Sekarang ia menunjukkan badge aplikasi dan download progress bar juga.
  • Bookmarks, History, dan Reading di iPad sekarang terpisah menjadi beberapa tab dari dropdown bookmarks.
  • Apabila Anda memasang aplikasi resmi YouTube, sekarang link YouTube dari Safari akan terbuka di aplikasi tersebut.

App Store:

  • Sekarang Anda tidak perlu memasukkan password untuk melakukan update aplikasi yang sudah terpasang.
  • Pada iOS 5, ketika setuju memasang sebuah aplikasi, App Store akan keluar dan berpindah ke halaman aplikasi dipasang. Sekarang tidak lagi demikian.
  • Setiap media yang ditonton melalui iTunes akan memilih posisi yang dimainkan tersinkronisasi melalui iCloud. Nonton sebuah film di iPhone, dan Anda bisa lanjutkan film tersebut melalui iPad.
  • Slider metal yang terdapat dala OS memilik efek refleksi yang dihasilkan memanfaatkan accelerometer. 
  • Sekarang Anda dapat menambahkan sebuah link ke Reading List dari aplikasi yang menggunakan web-view.
Tentu dengan hadirnya iOS 6, mobile OS lainnya seperti Android, RIM, dan Windows pasti akan melakukan berbagai manuver untuk dapat menjegal Apple. Saya memprediksikan pertempuran yang cukup seru antara iOS 6, Blackberry 10, Windows 8 dan Android Jelly Bean diwaktu mendatang. Kalian sudah tahu pemenangnya siapa, bukan?

Bagi anda yang ingin mencoba bagaimana rasanya menggunakan Operating System dari Apple ini bisa anda download di halaman berikut ini Download iOS 6.

    Artikel Terkait



4 comments:

zHoe said... Reply Comment

Om untuk jailbreak iOs 6 apa sudah ada?

zHoe said... Reply Comment

Om... ane mau nanya apa jailbreak iOS 6 sudah ada?

@arli_atpa said... Reply Comment

zHoe : iOS 6 untuk sekarang baru bisa Jailbreak Tethered dengan RedSn0w.

venlykawuwung said... Reply Comment

caranya gan? ane masih bingung jailbreak iOS6 gan -___-" boleh minta link untuk jailbreak iOS6 nya gan?

Post a Comment

Maaf saya tidak online 24 jam dan saya hanya sendiri mengurus blog ini, jadi apabila ada coment anda yang tidak terbalas atau lama baru saya balas saya minta maaf. Jika masih ada yang kurang jelas atau dan ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar, terima kasih atas kunjungannya.