Thursday, March 07, 2013

Cara Jailbreak Untethered iOS 6.1.2 dengan Evasi0n


Evaders (@evad3rs), grup hacker iOS yang terdiri dari @pod2g, @planetbeing, @MuscleNerd dan @pimskeks telah resmi meluncurkan evasi0n, jailbreak untethered untuk iOS 6.

Evasi0n dipastikan dapat bekerja dengan baik untuk semua iDevice yang mendukung iOS 6 hingga 6.1.2, diantaranya:
  • iPhone 3GS
  • iPhone 4
  • iPhone 4S
  • iPhone 5
  • iPad mini
  • iPad 2
  • iPad 3
  • iPad 4
  • iPod touch 4G
  • iPod touch 5G

Sebelum jailbreak:

  • Pastikan Anda telah melakukan backup dari iTunes ataupun dari iCloud.
  • Sebelum menggunakan evasi0n, nonaktifkan passcode pade iDevice Anda terlebih dahulu.
  • Saat proses jailbreak berlangsung, harap bersabar, jangan menjalankan iTunes, dan jangan menjalankan program apapun di komputer Anda yang bisa mengganggu proses jailbreak. Lebih baik, jangan menyentuh komputer sama sekali.
  • Buat pengguna iPhone 4 (khusus FU) dan iPod touch 4G yang masih menggunakan iOS 6.1 dengan jailbreak tethered, disarankan untuk melakukan fresh restore ke iOS 6.1.2

Perhatian!:

Dengan mengikuti tutorial di bawah ini, berarti Anda tahu Apa yang sedang Anda kerjakan. Resiko kerusakan ditanggung oleh Anda sendiri. 
  1. Download evasi0n dari http://evasi0n.com/
  2. Pastikan Anda memilih yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.
  3. Ekstrak kemudian jalankan evasion dari komputer Anda.
  4. Hubungkan iDevice ke komputer Anda, dan tunggu sampai evasi0n berhasil mendeteksinya. iDevice boleh dalam keadaan nyala.
  5. Jika berhasil dideteksi, tombol Jailbreak pada evasi0n akan aktif. Silakan tekan tombol Jailbreak tersebut untuk memulai proses jailbreak.
  6. evasi0n
  7. Selanjutnya proses jailbreak akan dimulai, ada banyak tahap-tahap yang dilalui dan semuanya otomatis dikerjakan oleh evasi0n.
  8. Setelah proses awal tersebut selesai, evasi0n akan berhenti sejenak untuk meminta Anda membuka kunci layar pada iDevice.
  9. evasi0n
  10. Setelah Anda membuka kunci layar dan masuk ke homescreen, akan muncul sebuah ikon putih berlogo evad3rs. Tap ikon yang bernama “Jailbreak” tersebut satu kali untuk melanjutkan proses jailbreak. Pastikan hanya men-tap ikon ini sekali saja, bukan berkali-kali.
  11. evasi0n
  12. Kemudian proses jailbreak evasi0n akan berlanjut di komputer Anda dengan beberapa tahap final. Harap bersabar.
  13. Jika proses jailbreak berjalan lancar, evasi0n akan menampilkan pesan “Done!”.
  14. iDevice Anda secara otomatis akan melakukan reboot, proses ini mungkin sedikit agak lama.
  15. evasi0n
  16. Kemudian pada layar iDevice Anda akan muncul logo evasi0n dengan background putih, diikuti dengan rebootnya iDevice Anda untuk menyelesaikan proses jailbreak.
  17. Setelah iDevice Anda reboot beberapa kali secara otomatis, Anda sudah bisa masuk ke homescreen dan membuka Cydia.
  18. Cydia
Selamat! iDevice Anda telah berhasil dijailbreak.

Troubleshooting

  • Walaupun sebelum dirilis secara resmi ke publik evasi0n telah melalui beberapa tahap uji coba, tetapi beberapa masalah bisa saja terjadi. Berikut ini adalah beberapa masalah yang mungkin saja terjadi pada saat atau setelah melakukan proses jailbreak.
  • Patching kernel ini adalah salah satu tahap dalam proses jailbreak. Tahap ini memang cukup memakan waktu sampai beberapa menit, namun jika Anda merasa tahap patching kernel ini sudah terlalu lama, Anda bisa melakukan reboot paksa dengan menekan sambil tahan tombol Home dan Power secara bersamaan sampai iDevice Anda reboot, kemudian mengulangi proses jailbreak.
  • Dikarenakan padatnya trafik Cydia, maka beberapa repositori mungkin akan menampilkan pesan error sewaktu Anda akan menginstall apps/tweaks. Ini wajar dan sudah sering terjadi setiap kali sebuah jailbreak dirilis. Anda cukup bersabar hingga trafik ke Cydia mulai menurun.
  • Tombol Jailbreak pada evasi0n berwarna abu-abu/tidak bisa diklik
    Jika Anda mengalami masalah ini, pastikan kalau iDevice Anda tidak terlindungi dengan passcode. Matikan passcode terlebih dahulu sebelum menghubungkan iDevice Anda ke komputer. Setelah proses jailbreak selesai, Anda boleh mengaktifkan passcode kembali.
  • Setelah proses jailbreak selesai, Anda mungkin akan melihat beberapa ikon aplikasi tambahan yang muncul di homescreen. Ini wajar. Abaikan saja aplikasi ini, atau Anda bisa menyembunyikannya kembali dengan bantuan SBSettings dari Cydia.
Good luck!

    Artikel Terkait



19 comments:

Edo Ardhan said... Reply Comment

cara ini udah di coba blom gan ?? kira" ada kendala nya gak ? kayak nya gampang bener mohon info nya.. ane pake 3Gs ios 5 mau coba upgrade ke ios 6 tapi masih ragu nih gan . :)

@arli_atpa said... Reply Comment

@Edo Ardhan : Cara diatas sudah saya praktekan sendiri dan work 100% on iPhone 3GS, 4, 4S, 5 dan iPad 2. Proses diatas membutuhkan koneksi internet wifi tapi jgn dari personal hotspot iPhone yg akan dijailbreak, karena pada saat reboot koneksi akan hilang dan proses jailbreak akan gagal. Kecepatan koneksi mempengaruhi lama proses jailbreak nya.

Deanna RAmadhani Sanjaya said... Reply Comment

bagaimana jika ipodnya tidak terdeteksi di evasi0n?

@arli_atpa said... Reply Comment

Deanna RAmadhani Sanjaya : iPod nya versi berapa dan iOS yg dipakai versi berapa?

Unknown said... Reply Comment

kalau unlock iphone 4g bisa gak ya ??? baseband nya 04..... sekian gitu ??
mohon pencerahannya...

Unknown said... Reply Comment

kalo buat unlock iphone 4g bisa gak lewat cydia ???
kan basebandnya 04..... sekian gitu...
ato ada cara lain buat unlocknya..
terima kasih

@arli_atpa said... Reply Comment

Bayu Adnyana : Kalau masalah unlock saya tidak terlalu mengerti jadi silahkan tanya ke suhu yang lain saja.

Liong said... Reply Comment

saya mau jailbreak Ipad 2 iOS 4.3.5 sesuai petunjuk di atas namun saya ingat ada artikel tentang file SHSH yang berkaitan dengan OS. Itu file apa terus bgmn mendapatkannya, katanya saat ada masalah file ini dibutuhkan ya. Apa file ini digunakan kalau mau downgrade balik ke iOS sebelumnya ? Trims.

Liong said... Reply Comment

tolong tanya apa keuntungan jailbreak ? Apa benar kata teman dengan jailbreak kita dapat download file berbayar secara free ? terus downloadnya dimana kalo appstore katanya tidak bisa digunakan ? Tolong diberi pencerahan soalnya benar2 buta nih.
trims

@arli_atpa said... Reply Comment

@Liong : Kalau kamu sdh melakukan jailbreak file SHSH akan secara otomatis sdh ter-save di server cydia. Kalau mau lebih banyak tentang jailbreak baca disini http://cowo-baek.blogspot.com/2012/05/untuk-apa-jailbreak-itu.html

Endris Edya said... Reply Comment

Mau nanya dong. Itu evasi0nnya harus terhubung ke internet gak.??

@arli_atpa said... Reply Comment

@ Endris Edya : Iya harus terkoneksi ke internet, karena kalau tidak terkoneksi ke internet proses jailbreak tidak akan berjalan.

Unknown said... Reply Comment

mas brow ane dah downgrade mengikuti apa yg mas brow sarankaan sukses...... kan termasuk iphone saya masih keadaan thetred. terus saya coba jailbreak ke evasion. waktu ada tulisan jailbreak 1/3. terus gag reboot. tapi gag mau nyala lagi mas brow... bahkan dah berulang kali saya coba....tolong kasih pencerahan

Unknown said... Reply Comment

mas brow ane mau tanya.... downgradenya sukses tapi waktu mau di jailbreak ma evasion gag mau reboot. 1/3 jailbreak iphone dalam keadaan dfu. mohon pencerahanya mas brow......

@arli_atpa said... Reply Comment

Muhammad Urifan : Kalau sdh dalam keadaan JB Tethered jangan di JB ulang dengan Evasi0n tapi caranya :
1. Buka Cydia, dan cari Evasi0n
2. Install evasi0n 6.x Untether package, lalu reboot.
3. Selesai, Jailbreak kamu sekarang sudah Untethered.

Unknown said... Reply Comment

numpang nanya mas. kalau mau jailbreak mesti koneksi internet via wifi yah? kalau lewat portabel modem (flash) bisa nggak?

makasih

TOP2 PHONSEL said... Reply Comment

Hallo gan ane punya ipad2 ios 6.kira-kira klo mau di jb yang pas v jb nya apa?mhn gan infonya.tq

TOP2 PHONSEL said... Reply Comment

Hallo gan ane punya ipad2 ios 6
Yang pas v jb v apa gan.mhn infonya gan.tq

TOP2 PHONSEL said... Reply Comment

Hallo gan ane punya ipad2 ios 6.kira-kira klo mau di jb yang pas v jb nya apa?mhn gan infonya.tq

Post a Comment

Maaf saya tidak online 24 jam dan saya hanya sendiri mengurus blog ini, jadi apabila ada coment anda yang tidak terbalas atau lama baru saya balas saya minta maaf. Jika masih ada yang kurang jelas atau dan ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar, terima kasih atas kunjungannya.