Saturday, July 14, 2012

Macam - Macam Hal Yang Dapat Membuat iPhone Jailbreak Bermasalah


Bagi sebagian orang yang tidak suka dengan yang namanya “default”, melakukan jailbreak pada iPhone merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan untuk mendapatkan pengalaman yang lebih daripada menggunakan firmware bawaan. Tapi, tahukah kamu ada hal beberapa hal yang bisa membuat “Jailbroken iPhone” bermasalah?

Erase All Content and Settings

Ketika ingin menjual atau ingin menghapus semua konten yang terdapat di dalam iPhone, kamu bisa menggunakan fungsi “Erase All Content and Settings”. Fungsi ini dapat kamu temukan di Settings > General > Reset. Bagi perangkat iOS yang tidak dijailbreak, umumnya fungsi ini akan berjalan dengan lancar tanpa gangguan.

Namun bagi perangkat iOS yang sudah dijailbreak, fungsi tersebut akan berjalan sangat lama dan sering terjebak proses restart yang berulang-ulang. Kejadian ini bisa membuat panik banyak pengguna awam. Saran saya adalah restore terlebih dahulu perangkat iOS kamu lewat iTunes daripada menggunakan fungsi di atas.

Langsung Memutakhirkan iOS ke Versi Terbaru

Setiap pengguna perangkat iOS yang dijailbreak harus berhati-hati dengan setiap pemuktahiran iOS terbaru yang diluncurkan oleh Apple. Mengapa? Karena, apabila perangkat yang sudah dijailbreak itu diperbaharui dengan update tersebut, kamu akan kehilangan Cydia, tweaks dan berbagai modifikasi yang sudah kamu pasang.

Selain itu, kamu pun belum tentu dapat lakukan jailbreak ulang pada perangkat iOS tersebut karena versi iOS yang lebih baru. Sebaiknya, kamu hindari setiap update iOS terbaru hingga piranti jailbreak untuk versi iOS terbaru tersebut tersedia kecuali kamu memang ingin menghilangkan semua tweaks, modifikasi dan aplikasi Cydia dari perangkatmu.

Memasang tweak Cydia yang tidak cocok dengan perangkat

Banyak sekali tweaks atau modifikasi yang bisa kamu dapatkan dari Cydia tapi tidak semua tweaks bisa dipasang di perangkat iOS kamu. Sebelum dipasang, pastikan terlebih dahulu apakah tweaks itu cocok dengan perangkat iOS kamu. Keterangan ini bisanya dituliskan di deskripsi tweak tersebut atau di bagian “More Info” atau “Developer’s Note”. Bila tidak, berbagai macam hal buruk bisa terjadi seperti restart berulang-ulang, terjebak di “Safe Mode” bahkan hingga yang menyebabkan tidak bisa masuk ke Home screen.

Restore Dahulu Sebelum Dibawa Ke Service Center

Setiap perangkat iOS yang dijailbreak akan kehilangan garansi dari Apple dan sekalipun Anda menyembunyikan Cydia, mereka dapat mengetahuinya. Ketika perangkat iOS yang dijailbreak bermasalah, sebaiknya restore dahulu ke firmware resmi dari Apple dan jangan restore backup sebelumnya karena mengandung “sisa-sisa” dari proses jailbreaking. Biarkan perangkat iOS kamu sebagai perangkat baru dan setelah itu, kamu akan aman membawanya ke Apple Authorized Service Center.

Itulah empat tips bagi yang melakukan jailbreak pada perangakat iOS. Punya saran lain mengenai yang harus di hindari oleh perangkat yang dijailbreak? Silakan tuliskan di komentar di bawah ini.

    Artikel Terkait



8 comments:

Anonymous said... Reply Comment

Saya punya ipad2, setelah sy JB 2 minggu kemudian iDevice sy restart mulu & ngga bisa muncul ke home screen...
Itu knapa ya??
olong pencerahannya!!!

Arli ATPA said... Reply Comment

Kemungkinan ada tweak yg tidak compatible dengan iPad kamu, coba hapus tweak yg kamu curigai yg membuat iPad kamu jd restart mulu.

dimas said... Reply Comment

kalo sudah di jb apakah idevice msh bisa terhubung dengan itunes di PC?
mohon pencerahannya

@arli_atpa said... Reply Comment

dimas : tentu saja masih bisa jadi jangan khawatir.

otayko dhimz said... Reply Comment

apa maksud JB dan fungsinya..mohon di jelasin

@arli_atpa said... Reply Comment

@otayko dhimz: Silahkan baca satu persatu artikel yg saya tulis disini http://cowo-baek.blogspot.com/search/label/Jailbreak

Anonymous said... Reply Comment

kemarin saya pembaruan perangkat baru ios 6.1.3 setelah download lewat itunes iphone 3gs nya ngeblank kosong cuma ada lambang usb dan icon itunes...setelah masuk koneksi dilanjutkan restore akhirnya bisa buka lookscreen terus pilih bahasa>pilih negara wilayah>setelah koneksi ke itunes lagi tiba-tiba aktivasi error
seperti ini we're sorry, we are unable to continue with your activation at this time,,iphone saya belum bisa digunakan??

@arli_atpa said... Reply Comment

@Anonymous : Kemungkinan iPhone kamu SU, kalau mau lebih jelas perbedaan tentang iPhone SU dan FU silahkan cari di mbah google.

Post a Comment

Maaf saya tidak online 24 jam dan saya hanya sendiri mengurus blog ini, jadi apabila ada coment anda yang tidak terbalas atau lama baru saya balas saya minta maaf. Jika masih ada yang kurang jelas atau dan ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar, terima kasih atas kunjungannya.