Saturday, July 14, 2012

Mengganti Huruf iOS Dengan BytaFont


Setiap orang memeliki kesukaan tersendiri terhadap huruf yang digunakan. Ada orang yang lebih menyukai Helvetica dibandingkan dengan Arial. Anak-anak biasanya lebih menyukai bentuk tulisan yang lucu seperti Jokerman.

Pada iPad, iPhone dan iPod Touch, huruf yang digunakan adalah Helvetica. Sedangkan pada Mac OS X, huruf utama yang digunakan adalah Lucida Grande.
Dengan banyaknya pilihan huruf yang ada dan tingkat ketertarikan seseorang terhadap jenis font yang berbeda-beda, maka dibutuhkan aplikasi yang mampu menyesuaikan antara jenis font dengan selera penggunanya.

BytaFont, sebuah aplikasi di Cydia, diciptakan oleh iPhoneRuler dari repository ModMyi mampu mengubah huruf yang terdapat pada iOS.

Penggunaan

BytaFont adalah semacam aplikasi perantara berbagai jenis font yang terdapat pada server Cydia dengan iOS. Kamu wajib memiliki koneksi internet untuk menggunakan BytaFont karena kamu harus membuka web browser untuk menelusuri huruf-huruf yang disediakan.
BytaFont sendiri sudah menyusun huruf-huruf dalam beberapa kategori berdasarkan popularitas, jumlah unduh, dan pilihan karyawan Bytafont untuk mempermudah pemilihan.

Tampilan BytaFont

Untuk memudahkan pencarian, BytaFont juga memberikan sedikit preview dari bentuk huruf. Unduh font tersebut dengan menekan tombol “Install” yang terdapat pada pojok kanan atas. Besarnya font biasanya antara 3 MB–6 MB, disesuaikan dengan kelengkapan karakter dari font itu sendiri.
Untuk kamu yang hanya ingin menggunakan font yang sudah kamu unduh hanya di beberapa bagian, BytaFont juga memberikan pilihan pada menu “Advanced”. Di sini kamu bisa mengatur apakah font yang sudah kamu unduh akan dipasang pada Dialer/Calculator, Keyboard, Lockscreen Clock, Notes, System, atau System Extras.
Huruf yang sudah kamu unduh dapat pula kamu gunakan pada iBooks dan setiap huruf yang sudah diunduh bisa digunakan kapanpun tanpa harus melakukan pengunduhan kembali.

BytaFont Setting

Kesimpulan

BytaFont merupakan aplikasi unik yang dapat membantu kita dalam mengubah bentuk tulisan yang terdapat pada iDevice sesuai dengan selera. Aplikasi yang gratis seringkali diiringi dengan bug yang tak berkesudahan, namun sejauh ini saya belum menemukan kendala apapun pada saat menggunakan BytaFont.

    Artikel Terkait



1 comments:

van said... Reply Comment

kok aplikasi yg sy download dr app store jd ilang semua ya setelah di respring ??
tp klo aplikasi yg di install dr cydia masih ada..
kenapa ya ??????

Post a Comment

Maaf saya tidak online 24 jam dan saya hanya sendiri mengurus blog ini, jadi apabila ada coment anda yang tidak terbalas atau lama baru saya balas saya minta maaf. Jika masih ada yang kurang jelas atau dan ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar, terima kasih atas kunjungannya.