Thursday, June 14, 2012

iOS 6 Membawa Fragmentasi ke Perangkat Mobile Apple?




Salah satu argumen yang diperdebatkan terhadap sistem operasi Google, Android adalah adanya fragmentasi yang menyebar di ratusan perangkat dan berbagai versi software.
Apple sendiri juga pernah mengemukakan pendapat serupa, menggarisbawahi bahwa dalam setahun, hampir semua iPhone menggunakan sistem operasi iOS terbaru, dibandingkan dengan hanya sekitar 7% pengguna Android menggunakan Ice Cream Sandwich. Tapi dengan diperkenalkannya iOS 6, dimana Apple mengklaim akan membawa lebih dari 200 fitur baru, sepertinya Apple juga akan melakukan fragmentasi di perangkat iOS miliknya.
Seperti yang sudah saya informasikan sebelumnya, meskipun perangkat iPhone 3GS dan iPhone 4 dapat menikmati iOS 6, tapi kedua perangkat tersebut akan mendapatkan update software dengan pemotongan beberapa fitur.

Berikut kami sajikan data fitur baru di iOS 6 beserta keterangannya:
  1. Fitur Flyover dan navigasi turn-by-turn hanya tersedia di perangkat iPhone 4S dan iPad 2 keatas.
  2. Siri hanya akan tersedia untuk iPhone 4S dan iPad (generasi ke-3).
  3. Shared Photo Streams membutuhkan iOS 6 di iPhone 4 keatas dan iPad 2 keatas, atau komputer Mac dengan OS X Mountain Lion.
  4. FaceTime melalui jaringan selular membutuhkan iPhone 4S atau iPad (generasi ke-3) dengan kemampuan data selular.
  5. Daftar VIP dan VIP serta Flagged smart mailboxes akan tersedia di iPhone 4 keatas dan iPad 2 keatas.
  6. Daftar Offline Reading akan tersedia di iPhone 4 keatas dan iPad 2 keatas.
  7. Alat bantu dengar ''Made for iPhone'' memerlukan iPhone 4S.
  8. Find My Friends dan Find My iPhone memungkinkan Anda untuk mencari perangkat iOS hanya ketika perangkat tersebut terhubung ke jaringan Wi-Fi terdaftar atau memiliki paket data aktif.
Situasi fragmentasi ini mungkin tidak seburuk seperti yang terjadi di Android, dan sepertinya Apple sekarang sedang menghadapi kesulitan dalam menjaga produk lama mereka agar tetap up-to-date. Bagaimana pendapat Teknokerz akan masalah fragmentasi yang dilakukan Apple ini?

    Artikel Terkait



0 comments:

Post a Comment

Maaf saya tidak online 24 jam dan saya hanya sendiri mengurus blog ini, jadi apabila ada coment anda yang tidak terbalas atau lama baru saya balas saya minta maaf. Jika masih ada yang kurang jelas atau dan ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar, terima kasih atas kunjungannya.