Tuesday, May 29, 2012

Tips Memilih Antivirus Terbaik Untuk Komputer dan Laptop

Virus merupakan salah satu momok terbesar bagi Anda pemilik laptop maupun PC. Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan cara memuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu.

Efek negatif virus komputer adalah memperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (seperti penggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan.

Hampir 95% virus komputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkat keras.
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan antivirus.Antivirus merupakan perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum).

Ada berbagai macam virus komputer yang bertebaran seiring bertambahnya jenis virus yang ada saat ini. Tidak semua antivirus bagus untuk laptop maupun komputer Anda, maka dari itu anda harus jeli memilih tipe antivirus sesuai kebutuhan.
  • Pilihlah antivirus yang tidak terlalu besar ukurannya. Karena semakin besar ukurannya maka akan semakin berat antivirus tersebut dijalankan dan akan menggangu stabilitas komputer Anda.
  • Baca secara jeli dan seksama pada website antivirus, apakah memiliki plugins tambahan atau tidak. Plugins tambahan akan sangat berguna, misalkan pada antivirus local Ansav, PCMAV, Smadav, dll.
  • Perhatikan engine RTP(Real Time Protector), karena dengan engine tersebut antivirus akan memprotect komputer dari serangan virus, malware, dll yang terjadi secara mendadak.
  • Sebaiknya sandingkan antivirus lokal dengan antivirus luar seperti AVG, Avast, AVIRA agar dapat extra protect pada komputer Anda.
  • Pilih antivirus yang dapat diupdate secara online, hal ini bertujuan agar anda tidak perlu repot mencari update Antivirus tersebut
  • Pada antivirus berbayar, fasilitasnya lebih lengkap disbanding dengan antivirus free. Itu semua tergantung dari pilihan Anda
Semoga tips ini bermanfaat bagi Anda semua.

    Artikel Terkait



2 comments:

mahasiswa teladan said... Reply Comment

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)

@arli_atpa said... Reply Comment

mahasiswa teladan : Iya sama-sama :)

Post a Comment

Maaf saya tidak online 24 jam dan saya hanya sendiri mengurus blog ini, jadi apabila ada coment anda yang tidak terbalas atau lama baru saya balas saya minta maaf. Jika masih ada yang kurang jelas atau dan ada yang ingin ditanyakan silahkan tulis pada kolom komentar, terima kasih atas kunjungannya.